Teknik Membaca Cepat

Salah satu tujuan utama membaca adalah untuk memperoleh informasi berupa ide atau gagasan. Selain konsentrasi, kecepatan dalam membaca juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Kemampuan tiap orang dalam membaca dan menangkap informasi berbeda-beda. Ada orang yang dapat membaca dengan cepat namun tidak memperoleh informasi secara optimal, ada orang yang dapat memperoleh informasi secara optimal namun kecepatannya rendah, dan adapula yang dapat membaca dengan cepat serta memperoleh informasi yang optimal. Dari ketiga kondisi tersebut tentu yang ketiga adalah kondisi yang terbaik. Ketika kita dapat membaca dengan cepat dan memperoleh informasi secara optimal dan akurat, maka kita termasuk pembaca yang baik. Tentu saja untuk menjadi pembaca yang handal kita harus memperhatikan teknik-teknik dalam membaca. Seseorang yang membaca dengan teknik yang baik akan menyerap informasi secara lebih optimal dibanding seseorang yang membaca tanpa teknik.

Kecepatan menjadi salah satu aspek penting dalam membaca. Dengan kecepatan yang baik, kita dapat membaca dan menyerap informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang lebih singkat. Dengan waktu yang lebih singkat, maka kegiatan membaca akan lebih efisien.

Sebenarnya, membaca cepat dibutuhkan untuk mengatasi keterbatasan waktu yang kita miliki. Waktu menjadi salah satu alasan banyak orang tidak menyukai kegiatan membaca. Banyak orang yang punya minat membaca namun tidak punya waktu yang cukup untuk itu.

Oleh karena itu, teknik membaca cepat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningatkan minat baca sekaligus mengatasi keterbatasan waktu. Jika seseorang yang tidak punya banyak waktu untuk membaca menguasai teknik membaca cepat, maka ia dapat memperoleh informasi yang ia butuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

 

Pengertian Membaca Cepat

Membaca cepat adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk memahami poin-poin penting dari bahan bacaan secara efisien. Dengan kata lain, membaca cepat ditujukan untuk mengefisienkan waktu baca sehingga tidak menghabiskan banyak waktu hanya untuk membaca.

Sebagian besar orang menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku. Artinya, kecepatan membaca rata-rata orang tersebut 250 kata permenit. Untuk menghemat waktu, tentu kita harus meningkatkan kecepatan membaca.

Kecepatan membaca dapat ditingkatkan tanpa mengurangi pemahaman terhadap isi bacaan. Jadi, meskipun kita membaca dengan waktu yang relatif lebih singkat dari biasanya kita tetap mengerti intisari dari bacaan yang kita baca secara efektif.

Berikut beberapa manfaat dari membaca cepat:

  1. Memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efektif
  2. Dapat menelusuri bahan bacaan dalam waktu yang singkat
  3. Dapat menghemat waktu baca untuk kegiatan lain

Untuk dapat membaca cepat, kita harus menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam membaca dan memperhatikan teknik-teknik membaca cepat serta mempraktekkannya di setiap kesempatan.

Untuk mengetahui kecepatan membaca seseorang, dapat digunakan rumus berikut:

 

Jumlah kata x 60 = Jumlah kata/menit
waktu dalam detik
Teknik Membaca Cepat Permulaan

Untuk meningkatkan kecepatan membaca, keterampilan dasar harus dilatih. Keterampilan tersebut antaralain membaca hanya dengan mengandalkan geraan mata, membaca frasa (bukan kata), dan cepata mengenali kata kunci.

 

Secara umum, ada dua teknik membaca cepat untuk pemula, yaitu:

  1. Teknik skimming (Pelayapan)
  2. Teknik scanning (Pemindaian)
#1 Teknik Skimming

Teknik skimming atau pelayapan adalah teknik mengambil intisari suatu bacaan berupa inde pokok atau detail penting. Ide pokok tersebut dapat berada di bagian awal, tengah, atau di akhir.

Untuk melakukan teknik skimming diperlukan kejelian dalam menemukan ide pokok suatu paragraf dan mengidentifikasi jenis paragraf apakah induksi tau deduksi. Dengan teknik ini kita hanya perlu melihat paragraf yang mengandung ide pokok bacaan.

#2 Teknik Scanning

Teknik scaning atau pemindaian adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh informasi langsung ke masalah yang dicari berupa fakta khusus atau informasi tertentu tanpa membaca bagian lain yang tidak dibutuhkan.

Dalam teknik scanning terdapat beberapa bagian yang dapat dilompati, yaitu:

  1. Bagian yang telah diketahui dari sumber lain
  2. Bagian yang tidak memenuhi tujuan pembaca
  3. Bagian yang hanya contoh pendukung
  4. Bagian yang merupakan ringkasan dari bab sebelumnya

Untuk mengetahui keseluruhan isi buku secara tepat dengan menggunakan teknik pemindaian, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Melihat daftar isi
  2. Menelaah secara singkat latar belakang penulisan buku
  3. Membaca pendahuluan secara singkat
  4. Mencari informasi yang dibutuhkan dalam daftar isi
  5. Mencari kalimat penting di halaman bab yang kita tuju
  6. Membaca bagian kesimpulan (jika ada)
  7. Memeriksa daftar pustaka, daftar indeks, atau apendiks secara sekilas

 

Teknik Membaca Cepat Lanjutan

Teknik membaca cepat lanjutan bertujuan untuk meningkatkan kecepatan membaca sehingga kegiatan membaca menjadi lebih efektif dan efisien. Pada bagian lanjutan, kita masih akan menggunakan tenik pelayapan dan teknik pemindaian.

#1 Teknik Pelayapan

Untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat secara efektif dengan teknik pelayapan atau skimming, berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan:

  1. Siapkan buku atau wacana yang akan dibaca
  2. Sediakan kertas kosong untuk mencatat ide pokok
  3. Mulailah membaca dalam hati dengan pandangan tegak lurus bacaan
  4. Urutkan catatan pada kertas sebelumnya
  5. Tarik kesimpulan
  6. Lakukan berulang-ulang sampai mendapatkan hasil optimal
#2 Teknik Pemindaian

Untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat secara efektif dengan teknik pemindaian atau scanning, berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan:

  1. Siapkan buku atau wacana yang akan dibaca
  2. Tentukan kebutuhan atau infromasi utama yang diinginkan
  3. Cari informasi yang dibutuhkan saja
  4. Catat informasi yang diperoleh pada kertas kosong
  5. Periksa dan tampilkan informasi yang kamu tulis dengan bahasamu sendiri
  6. Lakukan berulang-ulang sampai mendapatkan hasil optimal

 

Model Membaca Cepat

Selain menggunakan teknik, membaca cepat juga memiliki model-model yang dapat digunakan. Secara umum ada tiga model yang digunakan oleh pakar untuk membaca cepat, yaitu:

  1. Model baris demi baris
  2. Model melingkar
  3. Model spiral
#1 Model Baris demi Baris

Model baris demi baris atau line by line merupakan model membaca secara berurutan dari baris pertama sampai baris terakhir. Model seperti ini biasanya digunakan oleh pembaca cepat pemula yang masih belum terbiasa dengan bahan bacaan yang bersifat padat, mengandung banyak istilah asing, atau bahan bacaan yang terbilang baru bagi pembaca tersebut.

#2 Model Melingkar

Model selanjutnya adalah mode melingkar. Dengan model melingkar, pembaca langsung mencari kata kunci yang dilakukan secara acak untuk mengerti inti dari bacaan dengan menggunakan logika sebagai penghubung kata-kata kunci tersebut. Model ini biasanya digunakan untuk membaca bahan bacaan yang bersifat ringan seperti majalah, koran, dan sebagainya.

#3 Model Spiral

Membaca dengan model spiral dilakukan dengan tidak membaca seluruh bacaan yang ada melainkan membaca bahan bacaan secara zig-zag seperti spiral. Pada model spiral dibutuhkan proses kreatif dari pembaca untuk mencari kata penghubung yang sesuai dengan pemikiran pembaca dan menyimpulkan informasi yang diperoleh.

Sumber  : www.edutafsi.com. Judul asli : Teknik Membaca Cepat Untuk Pemula dan Lanjutan.

penerbit garudhawaca

Penerbit Buku Online dan percetakan