Berapa Biaya Menerbitkan Buku Indie?

Berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku indie di Garudhawaca? Pertanyaan ini sering kali kami terima, terutama dari beberapa kawan yang sedang akan memecahkan telur alias akan menerbitkan buku indie pertama kali. Dan, kami tentu tidak menjawab secara pasti. Kenapa? Simak dulu penjelasan ini.

Penerbit indie, memang adalah jenis solusi alternatif untuk penulis agar bisa menerbitkan karyanya dengan biaya sendiri. Tidak seperti penerbit mayor yang semua biaya sudah ditanggung. Lalu berapa biayanya? Jawabannya adalah “tergantung” dari buku dan tergantung dari si penulis. Bingung? Sabar dulu ya bro n sis.

Kalau Anda pernah browsing dan menemukan beberapa penerbit Indie ada yang memberikan paket harga. Misal 1 juta rupiah dapat sekian buku, 2 juta dpat sekian buku dan seterusnya, tidak demikian di Garudhawaca. Kami melayani penerbitan dengan biaya yang bergantung pada naskahnya. Singkatnya, di Garudhawaca ada beberapa mata biaya yang mesti ditanggung :

  1. Setting dan Layout. Kami melakukan setting/layout buku dengan biaya hanya Rp 2.000/halaman jadi. Awas, halaman jadi yang dihitung ya, bukan jmlah halaman mentah yang disodorkan penulis. Harga ini untuk buku ful text atau dengan beberapa ilustrasi, bukan karya buku yang bersifat banyak grafisnya.

  2. Desain cover. Dengan kemampuan kami yang jujur saja ga canggih2 amat dalam soal grafis :), kami mematok harga Rp 250.000 untuk desain cover.

  3. BIaya cetak. Nah, yang ini tetap misteri karena bergantung pada jmlah halaman dan jumlah cetaknya. Jadi, buku sudah sial layoutnya, lalu dari penulis sudah jelas rencananya mau order cetak berapa eksemplar, barulah bisa dihitung berapa ongkos cetaknya. Untuk oplah atau jumlah cetakan yang diorder juga bebas kok, minimal 20 eks. Tapi tenang, semua bisa dibicarakan dengan asas kekeluargaan.

  4. Donasi Seni. Nah, yang ini agak unik dibanding penerbit lain. Jadi gini teman-teman. Penerbit Garudhawaca (lebih tepatnya mas Didik si empunya usaha) berkomitmen mendukung kegiatan seni melalui beberapa inisiatif kegiatan kecil yang dia sebut Adisukma Inisiatif. Nah, setiap ada judul baru yang diterbitkan bersama Garudhawaca, kami meminta penulis menyumbang untuk program Adisukma Inisiatif ini. Berapa nominalnya tentu saja bebas karena ini Donasi. Tapi wajib, tapi bebas jumlahnya… hehehe nggak bingung kan? Kalo mau tahu soal program ini, silakan bisa disimak di https://adisukmainisiatif.blogspot.com.
    Oh ya, Donasi ini hanya perlu/wajib di awal terbit tiap judul. Kalo setelah terbit dan order pertama penulis mau cetak lagi judul yang sama sudah tidak perlu lagi kasih donasi. Tapi kalo pengen tetap donasi lagi gimana? Ya Jangann….! Jangan ditunda maksudnya… 🙂

  5. Ongkos kirim. Yang ini juga tentu saja bergantung pada berat barang dan alamat tujuan.

BACA JUGA  Memilih Font yang PAS Untuk Buku Anda

Nah itulah biaya yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku di Garudhawaca. Berita baiknya adalah poit 1 dan 2 bisa gratis kalau dari pihak penulis sudah menyiapkan sendiri. Nah… bisa hemat kan? Yuk segera terbitkan bukunya.

 

penerbit garudhawaca

Penerbit Buku Online dan percetakan

%d blogger menyukai ini: