Review Buku Cerpen “Galuh Suka Mencuri Bunga Mawar”

Judul: Galuh Suka Mencuri Bunga Mawar

Penulis: Andy Sri Wahyudi

Penerbit: Garudhawaca Media Publisher

Tebal Buku: 13×19 cm

Tebal Halaman: 200 halaman

ISBN 978-979-18632-6-1

Terbit: Juni 2011

 

Kumpulan cerpen Galuh Suka Mencuri Bunga Mawar ini bertema kemanusiaan yang ide ceritanya sederhana dan out of the box. Idenya unik, terus terang saya belum pernah baca cerpen seperti ini sebelumnya. Mengangkat kisah yang jarang disampaikan oleh penulis kebanyakan. Namun, kesederhanaan cerita inilah yang menjadi nilai plus dari kumpulan cerpen ini.

Penulis menggunakan bahasa yang terkadang nyeleneh karena mungkin cerpen-cerpen ini diperuntukan bagi pembaca-pembaca dewasa, mengingat beberapa judul yang menceritakan kehidupan, maaf, seksual. Pada bagian awal, pembaca akan dibawa oleh konflik yang mengalir terus. Sampai pada bagian akhir, pembaca akan mengalami keterkejutan. Menariknya lagi, saya lebih tertarik pada bagian anti klimaksnya daripada bagian klimaknya karena adanya sesuatu yang mengejutkan itu tadi.

Namun, dibeberapa judul cerpen, seperti Roda di Atas Bukit, Menunggu Laela, dan Lorong Gelap, saya agak kesusahan untuk mencari maksud jalannya cerita. Membuat saya harus beberapa kali mengulang bacaan agar benar-benar paham amanat yang ingin disampaikan oleh penulis. Untuk cetak bukunya sudah rapi, tapi masih ada beberapa pemenggalan kata yang rancu untuk dibaca. Contohnya, sendir-ian, upac-ara, den-gan, sev-enteen, dll. Mungkin ini hanya masalah cetak saja.

Secara keseluruhan, kumpulan cerpen ini cocok dibaca untuk menambah genre bacaan. Dibacanya juga dengan hati yang tenang dan suasanya yang nyaman agar dapat menangkap inti cerita dengan baik dan benar. Biasanya, karya yang diterbitkan secara indie akan memiliki nilai istimewa dihati para pembaca setianya, tentunya dengan materi dan nilai-nilai yang kuat dan berkarakter.

 

Salam,

Disa

penerbit garudhawaca

Penerbit Buku Online dan percetakan