O Sole Mio

Rp 35.000,00

Kisah Cinta seorang pribumi mantan serdadu KNIL dan seorang perawat berdarah Belanda, di tengah masa awal kemerdekaan RI, dalam dilema bergabung dengan BKR atau bertahan mengabdi pada Belanda.

Deskripsi

O Sole Mio | Tik PM | 11 x 18 cm ; 176 hlm | ISBN 978-602-1863-20-0 | PenerbitGarudhawaca, 2012

Karwur. Seorang mantan tentara KNIL atau sering disebut “Andjing NICA” yang berdarah Ambon, memilih bergabung dengan TNI setelah berdiri NKRI. Ia tak peduli meski di kalangan kawan KNIL dianggap bodoh karena melepas gaji besar di Kerajaan Belanda, sementara di TNI pun embel-embel Anjing NICA masih terus menghantui namanya. Ia lebih tak peduli lagi pada omongan orang tentang dirinya yang sebatang kara di Balikpapan setelah ia bertemu “matahari”nya. Dialah Maria, seorang perawat di BPM Hoospital yang melengkapi hidupnya.
Ia meraih kebahagiaan tak terkira meski di sela-sela kisah cintanya ia harus mengadu nyawa, menunaikan tugas negara untuk menumpas pemberontakan kelompok Andi Aziz di Makasar.
O Sole Mio, lagu yang ia dengarkan dari piringan hitam di rumah perawat mungil yang manis senyum itu, menjadi awal cintanya, sekaligus menjadi penyangga hidupnya ketika ia kembali sebatang kara dan perang tak kunjung mengantarnya menyusul Maria.
Berlatar belakang kota Balikpapan di tahun 50-an dan masa pemberontakan Andi Aziz, novel ini akan mengobati kerinduan pecinta fiksi sejarah Indonesia. Dipaparkan dengan kalimat-kalimat “kaku” khas jaman itu, O Sole Mio benar-benar terasa sebagai sebuah kisah sejarah.
Sebagai sebuah fiksi berlatar sejarah, goresan Tik PM ini juga memaparkan lanskap kota Balikpapan dan Makasar di masa itu. Sebuah karya yang pantas kita sambut!
————————————————————————————————————————————–
Tik PM adalah alumni Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. O Sole Mio adalah karya awal yang kini ia tekuni dengan terus menyiapkan karya-karya fiksi berlatar sejarah lainnya.

Additional information

Berat0.35 kg
Penulis

Tik PM

Edisi

cetak